Minggu, 13 April 2014

Sabtu-Minggu, 5-6 April 2014, UKM-Pengembangan Tahfidzul Qur'an UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan diklat Jurnalistik dan desain grafis di PP. Mukmin Mandiri Sidoarjo. kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari Departemen Penerbitan (Ministry of Publishing) di bawah bidang Infokom dan Humas. Kegiatan diklat terebut bertujuan untuk mencetak anggota UPTQ tidak hanya berfokus pada hafalan dan kajian Al-Qur'an saja, namun juga mampu menjad jurnalis, penulis dan desainer yang handal. Dengan bekal ke-ilmuan Al-Quran yang telah dimilikinya, sudah waktunya para
penghafal Al-Qur'an menyumbangkan pemikiran dan ide-ide cemerlangnya dalam mengembangkan dan melanggengkan syi'ar Islam dan nilai-nilai Al-Qur'an.
Kegiatan diklat jurnalistik dan desain grafis UPTQ 2014 dimulai dengan pemberangkatan dari Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya tercinta pada Sabtu, 5 April 2014 pukul 09.30 WIB dengan dua angkot. Selanjutnya, kegiatan yang diikuti sekitar 35 peserta yang terdiri dari 22 anggota baru UPTQ 2013, 8 panitia yang hadir dan 5 musyrif ini resmi dibuka pada pukul 10.30 WIB oleh Ketua Umum UPTQ 2014, Ustadz Alfian. Kegiatan Diklat Jurnalistik & Desain Grafis UPTQ 2014 ini dimulai dengan materi pertama tentang Jurnalistik yang dibawakan oleh founder father UPTQ, Ustadz Fahrudin Fajrul Islam, M.Th.I pada pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Materi pertama meliputi macam-macam berita, teknik wawancara, teknik penulisan berita dan sekaligus praktek wawancara & penulisan berita.
Setelah break untuk istirahat, sholat dan makan, dilanjutkan materi kedua tentang kode etik kepenulisan dan tips menjadi penulis yang progresif & profesional. Materi yang dibawakan oleh Mas. Fauzinudin, seorang penulis produktif  yang sudah menghasilkan 5 buku itu, dimulai pada pukul 18.30 WIB dan selesai pada pukul 21.00 WIB.
Selanjutnya, para peserta mempresentasikan hasil wawancara & penulisan berita yang telah dilakukan di depan peserta lain, dan dinilai serta ditanya oleh tim panelis. Kegiatan ini dimulai pasca Materi ke-2, sekitar 21.15 WIB dan selesai pada pukul 20.30 WIB. Dengan gaya Kontes Dangdut Akademi Indosiar acara ini dikemas, sehingga mampu menarik simpati dan semangat peserta. Semua peserta terlihat antusias dan menikmati. Dan berlayar ke pulau kapas merupakan acara terakhir pada malam tersebut untuk mempersiapkan agenda besoknya.
Pada Minggu, 6 April 2014 sekitar pukul 04.30 WIB dilanjutkanlah agenda Diklat Jurnaslistik & Desain Grafis ini dengan sholat subuh berjama’ah dan khataman Al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan Jalan-jalan dan senam bareng.

Setelah olahraga, mandi dan sarapan pagi, dilanjutkan dengan materi ke-3 dan ke-4 yaitu Desain Grafis yang dibawakan oleh Mas Sutamaji. S.I.Kom. Dengan berbekal laptop masing—masing, para peserta diklat menimati materi Desain Grafis, yaitu praktek membuat Buletin dengan aplikasi Corel Draw. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan penutupan Diklat Jurnalistik & Desain Grafis, dan sekitar pukul 14.00 WIB, diakhiri dengan come back to campus.

0 komentar:

Posting Komentar